Seputar jejak makam keramat dan karomah para wali di bumi nusantara

Makam kramat terpanjang di tangerang yang misterius dan mencengangkan

Makam kramat terpanjang di tangerang yang misterius dan mencengangkan
Makam kramat terpanjang di tangerang ini tidak lah sulit untuk kita cari, karena letak lokasiya yang mudah di jangkau dan berada dipusat perkotaan, dengan akses jalan dan kendaraan yang mudah.
Tidak seperti makam kramat yang biasanya terletak di perbukitan seperti halnya makam syech gunung santri yang berada di perbukitan.

Konon makam ini banyak menyimpan cerita mistik dan keanahannya. Sepertihalnya para pengunjung makam yang konon berasal dari berbagai daerah, yang mendapat petunjuk untuk berkunjung kemakam kramat panjang ini melalui mimpi yang aneh dan disuruh untuk berkunjung kesini. Dan bahkan para peziarah sering bercerita bahwa mereka bermimimpi ditemui oleh sosok yang tinggi besar dan raut wajah mirip orang Arab memakai surban dan jubah putih.

Hal ini pun dibenarkan oleh seorang penunggu makam yang bernama Husein bahwa beliau juga pernah ditemui oleh sosok yang persis digambarkan oleh para peziarah tersebut. Husain menuturkan bahwa tiap kali terjadi kebanjiran diwilayah ini makam tersebut selalu aman dan tidak pernah di sentuh oleh air sama sekali. Dan bahkan warga menjadikan makam ini sebagai tempat pengungsian yang aman.

Bahkan beliau menuturkan bahwa di tahun yang lalu saat Gunung Krakatau meletus dan sekitar kawasan terkena terjengan lumpur dan sunami, makam ini selalu aman dari bencana yang terjadi.
Dan tidak heran kawasan makam kramat panjang tersebut dijuluki sebagai kawasan kramat oleh penduduk sekitar.

Simpang siur tentang keberadaan dan kebenaran tentang siapa penghuni makam kramat panjang ini selalu menjadi hal topic yang menarik, karena kepastian akan sejarahnya masih perlu untuk dikaji.
Namun menurut sumber yang ada makam ini di huni oleh sang Habib Abdullah Bin Ali Bin Uraidhi.
Habib yang akrab dipanggil dengan sebutan Habib Uraidhi ini konon penyebaran Agama Islamnya cukup luas dan bahkan sampai ke Madura. Jika kita lihat dari namanya ini Habib Abdullah Bin Ali Bin Uraidhi ini adalah salah satu keturunan Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang ketuju di zamannya Imam maliki. Jika memang demikian mungkin ini termasuk orang yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Nusantara ini. Karena jika dilihat ini sebelum masuknya wali sago ke nusantara.

Lantas siapa pesisnya yang menjulukinya demikian, menurut kabar berita yang ada,  bahwa julukan nama Habib Abdullah Bin Ali Bin Uraidhi ini ada setelah adanya orang Yaman yang berkunjung kesini. Dan lantas membuat plang besar yang bertuliskan Habib Abdullah Bin Ali Bin Uraidhi.

Makam kramat terpanjang di tangerang yang misterius dan mencengangkan

Namun sebenarnya jauh sebelum Orang Yaman tersebut datang berziarah penduduk lokal biasa menyebutnya dengan syech Daud . Bahkan para ulama sekitar juga masih sering menggunakan nama syech Daud saat bertawasulnya.

Lantas bagaimana kebenaran sejarahnya, Apakah sang ahlul makam kramat panjang ini memang benar keturunan ke tuju dari Nabi Muhammad SAW. Hal yang  menarik adalah panjangnya makam yang sekitar 9 meteran ini juga sangatlah menarik. Karena menurut keadaan normal manusia paling tinggi itu cuma sekitar 3 meteran itu pun sudah yang paling tinggi dan melebihi normal. Untuk permasalahan panjangnya makam tersebut juga ada yang beraggapan dari cerita turun temurun kenapa makam tersebut bisa panjang sampai 9 meter. Ini karena sang ahlul makam di kebumikan bersama dengan perahu yang biasa digunakan untuk dakwahnya. Sehingga makamnya atau Maqbaroh nya tampak panjang seperti sekarang ini.

Makam kramat panjang ini persisnya terletak didaerah Sepatan – Pakuhaji –Tangerang. Untuk kebenaran dan pembuktianya adalah kenyakinan kita masing-masinglah yang akan memperkuat iman kita. Yang jelas semua misteri dan keadaan yang ada didunia ini adalah suatu yang tidak mungkin bagi Allah. Wallahu allam ..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makam kramat terpanjang di tangerang yang misterius dan mencengangkan

0 comments:

Post a Comment